6 Aktivitas Yang Menyehatkan Otak

Namun, omega-3 juga memberikan dampak luar biasa pada otak, khususnya untuk meningkatkan daya ingat dan memerangi depresi. Genetika berperan penting dalam kehilangan memori, terutama dalam kondisi neurologis yang serius seperti penyakit Alzheimer. Namun, penelitian menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup juga memiliki dampak besar pada memori. Tapi, seiring dengan bertambahnya usia maka ingatan kita akan semakin memburuk.

Cobalah untuk membuat jurnal sehari-hari, hal itu bisa membuat pikiran mu bekerja. Jangan malu dengan ide-idemu, tuliskan semua ide yang kamu punya. Mengunjungi tempat baru tidak hanya pergi ke luar kota atau luar negri. Dengan belajar di kafe yang baru atau mengambil rute yang berbeda ketika pulang kerja juga termasuk mengunjungi tempat baru.

Sharing masalah dengan orang yang tepat juga bisa menstimulasi otak kita untuk berpikir solutif dan terkontrol karena masukan yang tepat akan membuat wawasan berpikir kita semakin kaya. Dengan banyak menerima informasi yang berbeda, memori otak juga semakin terlatih, menyimpan dan menyalurkan informasi tersebut dengan terarah. Otak juga bisa jenuh kalau hanya terkurung dalam kebisuan dan menerima informasi yang monoton. Memanfaatkan kemampuan bicara kita untuk menerima dan menyampaikan hal yang bermanfaat baik untuk otak dan hubungan sosial kita. Mengikuti kegiatan sosial juga dapat menjadi sarana untuk melakukan pembicaraan dan kegiatan yang bermanfaat, sehingga keuntungan sosialisasi didapat, otak pun tidak cepat rusak.

Membaca adalah cara paling dasar untuk memfasilitasi aktivitas otak, tetapi membaca sering kali menghadirkan peluang paling beragam untuk meningkatkan kapasitas otak. Membaca akan membantumu dengan memperkenalkan kosakata baru, menyajikan contoh penggunaan tata bahasa yang tepat dan menunjukan bagaimana sebuah kalimat ditulis dengan baik. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan coklat hitam yang akan membantu kinerja otak menjadi lebih optimum.

Cara meningkatkan kinerja otak

Sebagai contoh, lanjut Maddux, kebiasaan menyisakan makanan di Amerika dianggap penghinaan, tetapi berbeda dengan di China, hal tersebut dianggap sopan. “Kemampuan untuk melihat sesuatu dari berbagai sisi dan perspektif yang berbeda, mendorong kita untuk meningkatkan kreativitas,” kata Maddux. Akibatnya, kita akan sulit berkonsentrasi saat menjalani aktivitas sehari-hari.