7 Sikap Yang Bikin Anda Tidak Disukai Orang Lain

Kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik sangat diperlukan di lingkungan manapun, terutama lingkungan kerja. Kita perlu mendengarkan apa yang orang lain katakan sebelum kita mengungkapkan sudut pandang yang kita miliki. Belajarlah mendengarkan untuk memahami, bukan hanya sekedar merespon.

Penyebab lain yang menyebabkan seseorang sulit menghargai orang lain adalah selalu merasa dirinya di atas atau menganggap dirinya lebih tinggi atau hebat dari orang lain. Ini mungkin dipengaruhi oleh adanya kelas-kelas sosial pada zaman dahulu. Sikap stereotip adalah sikap yang cenderung menganggap dirinya lebih berharga dari yang lain. Hal ini masih banyak dijumpai dalam praktik dan realitas hidup zaman sekarang. Oleh karena itu, sikap ini harus dibuang karena akan menghambat penghargaan terhadap orang lain secara adil. Sedangkan Yona Marisa selaku key opinion chief menyampaikan, kemajuan digital sebenarnya banyak sekali benefitnya jika digunakan dengan bijak.

Tidak ada orang yang tidak mempunyai kegiatan didunia ini meski dia seorang pengangguran. Sifat banyak mengeluh adalah ciri orang yang malas dan tidak bersyukur. Pekerjaan yang diberikan adalah bukti kewajiban untuk melakukan suatu hal di dunia.

Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama. Konsep ini menegaskan bahwa manusia harus menjaga keseimbangan, kelestarian dengan alam/jagat raya ini. Konsep ini mengajarkan bahwa kehidupan manusia merupakan bagian dari alam/jagat raya dan mengharuskan manusia untuk menjaga dan melestarikannya agar terwujud keseimbangan dan keselarasan hidup. Konsep ini menegaskan bahwa manusia harus selalu sujud dan bhakti ke hadapan Hyang Widhi, sang Pencipta alam semesta beserta isinya. Ini merupakan hubungan vertikal antara manusia dengan Hyang Widhi. Demi menciptakan lingkungan kerja yang saling menghargai satu sama lain, maka kita perlu menghindari memanggil nama seseorang dengan panggilan yang buruk, meremehkan, atau bahkan menjatuhkan mereka dengan ide-ide yang mereka miliki.

Belajar untuk mengahrgai sesama orang

Penghargaan untuk mau mengakui, menghargai dan memberi ruang-ruang berinovasi pada mereka yang berkarya. Anak-anak sebaiknya diberi penjelasan yang mendidik dengan bahasa yang mendorong dia untuk bersikap positif, dan kita tunjukkan cara kita serta tujuannya. caranya harus variatif dan kreatif, perlu menggunakan pendekatan yang halus, dan itu syaratnya adalah tidak reaktif .

Dari orang-orang dewasa di sekitarnya ia belajar tentang arti dan sikap dalam menghadapi perbedaan. Namun jika orangtua justru kerap meremehkan atau berbicara dengan tidak sopan pada orang- orang tertentu, sangat mungkin si kecil akan melakukan hal yang sama. “Saya pun gagap, sementara anak-anak kita sejak lahir sudah pegang gadget,” ucap Yenny. “Namun yang paling utama adalah kita harus menguatkan nilai, baik di sekolah maupun bekerjasama dengan orangtua di rumah agar anak-anak tumbuh dalam sikap menghargai perbedaan dan memperlakukan orang lain dengan baik,” jelas Yenny.