Cara Mudah Kenalkan Keragaman Kepada Anak

Kita patut berbangga hati karena sikap toleransi kita terhadap antarumat beragama bisa menghasilkan kehidupan yang rukun. Selagi orang lain itu tidak melanggar norma yang berlaku berpikirlah positif,walaupun kadang berbeda pandangan. Namun, bagi anak, untuk bertoleransi terhadap pendapat orang lain membutuhkan proses yang cukup panjang. Sikap untuk mengalah dan mempertahankan pendapat yang penting juga untuk dimiliki anak. Jangan sampai anak terlalu mengalah dan menerima pendapat orang lain, walaupun mungkin pendapatnya yang benar. Tetapi jangan sampai juga ia mempertahankan pendapatnya hanya karena tidak mau kalah.

Orang yang suka bermusyawarah terhindar dari sikap yang otoriter dan semau sendiri. Dalam setiap gerak dan tindakan yang menyangkut orang lain, seorang lain baik dengan orang-orang yang terikat dalam pekerjaan atau dalam bentuk-bentuk organisasi. Khususnya sebagai seorang Pramuka menganggap Pramuka lainnya baik dan Indonesia maupun dari bangsa lain sebagai saudaranya kaarena masing-masing mempunyai satya dan darma sebagai ketntuan ethical.

Lemparkan kata-kata yang positif saat orang lain menunjukkan karyanya. Tak perlu ragu bila Anda ingin menambahkan sedikit ulasan senyum, acungan jempol, tepuk tangan, jabat tangan, dan pelukan erat. Sama seperti kita ingin dihargai, sikap apresiasi juga ditunggu-tunggu oleh yang lain. Saat karyanya terpampang, dipamerkan, atau mendadak tenar karena pemberitaan media nasional maupun sosial.

Belajar untuk mengahrgai sesama orang

Setiap hari pelayan ini membuatkan minuman dan mengerjakan sesuatu untuk bos tersebut. Si bos selalu mengucapkan terima kasih setelah mendapat pelayanan hingga pelayan ini merasa dihargai oleh atasannya. Inilah contoh tindakan yang harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari tanpa memandang siapapun dia. Mungkin Anda ingat pernyataan bahwa kita bisa karena terbiasa. Jika seorang biasa berbuat baik, tentulah dia akan mudah untuk menghargai orang lain. Kebiasaan buruk atau pengalaman buruk yang selalu tersimpan di hati atau pikiran seperti trauma, dendam, tidak mau mengampuni, malas, acuh tak acuh, dan lain-lain akan sulit menghargai orang lain.

Semua manusia ketika hidup di dunia harus saling tolong menolong. Saling membantu karena pada dasarnya tidak ada yang diciptakan sempurna kecuali Tuhan. Maka dari itu, ketika diminta tolong oleh teman sebisa mungkin Anda harus menolongnya, selama itu bukan hal yang negatif dan merugika. Sebaliknya, jika Anda membutuhkan bantuan orang lain, jangan pernah segan dan cuek untuk mengucapkan ‘tolong’.

Meski begitu, psikolog yang juga dosen Universitas Muhammadiyah ini masih memiliki harapan yang tinggi bahwa kondisi masyarakat Indonesia kembali seperti zaman dahulu yang penuh dengan rasa kesopanan dan menghargai. Dalam pertandingan olahraga, pastinya setiap anak ingin menang. Namun, penting untuk dipahami bahwa kemenangan yang sebenarnya adalah ketika ia telah kerja keras melakukan yang terbaik dan bertanding secara sportif. Untuk membangun karakter anak ini, Ibu bisa memberinya pelukan dan tunjukkan rasa bangga karena ia telah bertanding secara jujur. Dengan begitu, anak dapat mengerti bahwa sikap sportif sama pentingnya dengan menjadi pemenang.

PPK yang melayani di rangkaian KRL sejak Februari 2014 juga bertugas membantu masinis apabila terjadi gangguan teknis dalam perjalanan, serta melayani buka tutup pintu saat penumpang turun dan naik di stasiun. Sejak 1 juli 2013 PT KCI mulai menerapkan e-ticketing menggantikan tiket kertas, dalam rangka meningkatkan pelayanan Commuter Line. Dengan sistem e-ticketing, pengguna Commuter Line dapat lebih tertib dan nyaman melakukan perjalanan. E-ticket ini dibagi menjadi dua macam yaitu Kartu Multi Trip dan Tiket Harian Berjamin . Tiket elektronik ini lebih efisien dan mudah untuk digunakan, mengurangi limbah kertas yang merusak lingkungan, serta sejalan dengan kebijakan pemerintah mewujudkan cash-less society.

Nah, dengan budaya bisnis yang fokus ke konsumen, maka setiap proses bisnis yang dilakukan akan memperhatikan buyer value yang mampu Anda berikan. Dalam prosesnya, 9 dari 10 orang akan membaca ulasan dari pelanggan lain untuk tahu buyer expertise dari sebuah produk. Kalau tidak memuaskan, tentu mereka tak akan membeli produk tersebut. Kalau semua hal di atas tidak didapatkan oleh seorang konsumen, besar kemungkinan bisnis tersebut belum memberikan customer experience yang optimal. Semua pelanggan pasti ingin mendapat pengalaman yang menyenangkan.