Darurat Corona, Bagaimana Kondisi Jakarta?

Saat Jakarta Dapat Nilai Penanganan COVID-19 Terburuk Se-Indonesia Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebut DKI Jakarta mendapat penilaian kategori E terkait mattress occupancy fee hingga tracing corona. Selain dari sektor kebersihan, Lembaga Musyawarah Kelurahan juga menyiapkan bantuan sosial untuk warga yang kurang mampu. Seorang anggota LMK tengah menyiapkan kebutuhan pokok yang akan dibagikan ke warga Tanah Rendah, Kampung Melayu. Kebutuhan pokok yang disiapkan LMK melengkapi 5.a hundred paket bantuan sosial yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kami juga menyarankan warga mengurangi mobilitas, keluar rumah jika benar-benar penting, untuk sama-sama mencegah kenaikan kasus ke depannya,” ucap Dwi dalam keterangannya, Kamis (17/6). Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan, ketiga varian Alfa, Beta, dan Delta itu yang saat ini ditemukan di Jakarta. Karena itu, setiap mendapati VoC, Dinas Kesehatan langsung mengidentifikasi kasus impor atau transmisi lokal. ”Jika transmisi lokal, kami lakukan penelusuran atautracing masif di komunitas dan tempat kerja,” kata Dwi. ”Kami juga menyarankan warga mengurangi mobilitas, keluar rumah jika benar-benar penting, untuk sama-sama mencegah kenaikan kasus ke depannya,” katanya.

Solopos.com, JAKARTA – Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam meminta pemerintah untuk segera melokalisir Jakarta sebagai episentrum penyebaran virus corona di Indonesia. Arif Fahrial menggambarkan kondisi Jakarta yang dinilai mirip Wuhan, Provinsi Hubei, sebagai pusat penyebaran virus corona di China. Fadil Imran berpesan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Masyarakat diminta tidak abai akan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19. “Angka COVID terus naik, BOR terus naik, jumlah orang yang masuk rumah sakit masih meningkat,” katanya. Dia menambahkan, masyarakat harus taat protokol kesehatan agar penyebaran virus corona bisa ditekan dan diantisipasi.

Dilaporkan, angka pasien positif Covid-19 di Wisma Atlet kini bisa tembus di angka 600 orang dalam sehari. Dengan lonjakan kasus tersebut, Dwi mengingatkan kembali masyarakat untuk tidak menyepelekan penyebaran Covid-19. Website penyedia informasi jadwal, rute dan tarif transportasi umum Indonesia. Website jadwalbis.com menyediakan informasi trayek bus, sedangkan ruteangkot.com menyediakan informasi trayek angkot. Jadwal bus Arimbi terdiri atas waktu yang berbeda-beda dan tersebar di berbagai kota.

Hanya dalam tempo 2 pekan terakhir, jumlah kasus positif Covid-19 harian melonjak drastis dari 519 menjadi 2.769 kasus. Keputusan perpanjangan PPKM mikro untuk mencegah DKI Jakarta masuk ke fase genting pascalibur Hari Raya Idul Fitri. Menag Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat edaran pembatasan kegiatan di rumah ibadah untuk mengatasi meningkatnya kasus Covid-19 dalam sebulan terakhir.

Jumat, 11 Juni 2021 Masyarakat DKI Usia 18 Tahun ke Atas Divaksinasi COVID-19Vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas telah dimulai sejak Rabu (9/10) di Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk mempercepat proses vaksinasi dan menciptakan kekebalan imunitas kepada masyarakat. “Jadi kami masih berencana untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Nanti setelah bulan Juli, kita lihat situasinya seperti apa,” ucapnya. Untuk sementara ini, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan kegiatan belajar mengajar masih di rumah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan sejumlah langkah yang dilakukan Pemprov DKI saat awal mula melonjaknya kasus Covid-19 di Jakarta. Sejak awal, Pemprov DKI telah melakukan berbagai upaya guna meminimalisir penyebaran Covid-19 di Ibu Kota. Dalam tiga hari terakhir, kasus baru harian Covid-19 di Indonesia mencapai di atas 6 ribu kasus. Pernyataan mengenai kondisi Jakarta sebenarnya itu diungkapkan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Masyarakat dapat mendaftarkan dirinya atau kerabat yang masuk dalam kelompok fakir atau orang miskin dan tidak mampu di DKI Jakarta mulai Senin (7/6) sampai Jumat (25/6) mendatang. Pemprov menyiapkan antisipasi jika RS Wisma Atlet penuh dengan menambah lokasi isolasi pasien Covid-19.

“Yang ketiga pesan bapak presiden, agar segera mempercepat program vaksinasi di Jakarta, ditargetkan sampai akhir Agustus mencapai 7,5 juta dosis,” ujarnya. Dia mengatakan, Pemprov DKI berupaya melakukan langkah antisipasi untuk menekan jumlah pasien Covid-19. Salah satu langkah yang dilakukan ialah dengan menggandeng berbagai pihak untuk menambah BOR. Anies menyatakan kondisi saat ini harus membuat seluruh pihak semakin waspada dan menyadari akan bahaya Covid-19 dan mutasinya. Dengan demikian, masyarakat mesti disiplin dan mengikuti seluruh peraturan PPKM Mikro yang telah ditentukan.

Kondisi Covid di Jakarta

Karena itu, Anies meminta masyarakat Jakarta untuk meningkatkan kewaspadaan. Menurut Anies, masyarakat perlu kedisiplinan kolektif dalam menerapkan protokol kesehatan. Guru Besar Universitas Indonesia Prof Zubairi Djoerban mengingatkan saat ini Indonesia terancam memasuki gelombang virus corona varian Delta. Oleh sebab itu dibutuhkan alur atau mekanisme yang jelas terkait dengan sistem pembatasan sosial sesuai dengan kondisi negara atau daerah.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini mengaku prihatin atas lonjakan kasus Covid-19 di wilayah yang dipimpinnya. Testing, tracing, dan treatment untuk mendapatkan data akurat pasien Covid-19. “Kita tidak berharap itu mengalami lonjakan di pekan-pekan depan. Tapi kita antisipasi,” ujarnya. Tidak hanya kasus aktif saja yang bertambah, positivity fee di Jakarta juga naik dari 9 persen ke 17 persen selama satu pekan.