Eleven Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan

Setiap organ tubuh akan berubah dan mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya usia, begitu pula dengan otak. Semakin bertambahnya usia, fungsi otak juga akan semakin menurun seperti kemampuan berpikir, mengingat, psychological, dan sebagainya. Dan sayangnya, penurunan fungsi kognitif ini tidak dapat dihindari, bahkan gaya hidup yang tidak sehat juga berpengaruh dalam mempercepat terjadinya masalah kognitif ini. Olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan mengaktifkan fungsi-fungsi organ tubuh. Jika koordinasi antarorgan tubuh terjalin dengan baik, maka asupan nutrisi juga lancar, sehingga tidak hanya tubuh yang match, tetapi juga otak yang “cling”. Saat ini dikembangkan kegiatan olahraga yang berfungsi mengaktifkan fungsi kerja otak agar tergindar dari kepikunan.

Pisang kaya akan potasium yang dapat menjaga daya ingat dan konsentrasi kita. Interaksi dengan orang lain bisa jadi latihan yang sehat bagi otak. Menjahit, merajut, dan menggambar merupakan kegiatan artistik yang ternyata bisa meningkatkan koordinasi mata dan tangan serta merangsang otak. Cobalah juga mendengarkan musik karena bisa membantu meningkatkan kekuatan otak Anda.

Jadi hidup sehat dan makan sehat akan berdampak langsung pada otak dan pada gilirannya meningkatkan kecerdasan. Bermain kartu atau tergabung dalam kelompok pecinta buku akan membuatmu aktif secara sosial. Di samping itu, melakukan kegiatan ini juga sangat baik untuk kesehatan otakmu. “Semakin banyak Kamu memiliki koneksi sosial, maka fungsi mental dan memorimu akan semakin terjaga,” ujar Turner.

Misalnya, jika kamu menyikat gigi dengan tangan kanan, gunakan tangan kiri selama beberapa hari. Ini akan membuat otakmu menciptakan jalur baru untuk menyesuaikan diri dengan alienasi dari rutinitas yang sudah tidak asing lagi. Otak akan bekerja lebih efisien di pagi hari setelah beristirahat semalaman.

Tak heran jika Mantan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti memiliki jargon yang populer yakni ‘Kalau nggak makan ikan saya tenggelamkan! Bagi beberapa orang, hidup dengan kondisi otak lemot dapat memicu rasa frustasi. Oleh sebab itu, pengertian dan dukungan dari orang-orang terdekat sangatlah perlu untuk diberikan supaya terhindar dari risiko tersebut. Mengandung minyak dan protein Omega-3, ikan dapat dicerna dengan mudah dan membantu otak Anda berfungsi dengan baik. Faktanya, menulis jurnal dengan tangan melatih Anda untuk berpikir kritis, menambah kosakata, melatih seseorang untuk mengekspresikan emosi.

Cara meningkatkan kinerja otak

Bahan pertama melibatkan pikiran sadar anda dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat anda dan memahami materi. Penelitian juga secara konsisten mengaitkan tidur yang cukup dengan kinerja memori yang lebih baik. Anda akan cenderung memiliki kinerja yang lebih baik dalam hal tes memori jika Anda cukup tidur. Melalui penelitian tentang neuroplastisitas, para ilmuwan telah menemukan bahwa kapasitas memori kita tidak tetap. Konsep dasar inilah yang menjadi landasan berbagai cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Saat membuka jendela kaca mobil ketika berkendara hippocampus, wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memori akan lebih hidup. Jakarta – Fungsi otak tidak hanya untuk berpikir saja, Einstein melakukan hal itu. Ia berinovasi dengan kecerdasannya, menciptakan sebuat alat yang bermanfaat bagi banyak orang. PinterestSaat seseorang dalam kondisi bersujud, aliran darah akan mengalir ke otak lebih sempurna. Hal ini membuat otak akan mendapatkan pasokan zat-zat baik yang terkandung dalam darah. Cobalah untuk melewati rute yang berbeda setiap harinya, baik itu saat menuju kantor atau hanya sekedar jalan-jalan.

Tidak hanya tubuh saja yang butuh olahraga, nyatanya otak juga membutuhkan olahraga agar tetap tajam dan terasah. Dengan melakukan olahraga otak, saraf-saraf baru dalam otak juga bisa terbentuk, sehingga mencegah Anda mengalami gejala pikun sejak dini. Selain itu, jalinan saraf-saraf baru juga akan meningkatkan ketajaman otak untuk berpikir logis dan memecahkan masalah. Itulah sebabnya, olahraga otak juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan. Yuk, ketahui berbagai macam aktivitas yang bisa membuat Anda tambah pintar dan tidak gampang pikun.