Inilah Obat Yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak

Usahakan membaca berbagai jenis variasi buku supaya otak kamu mengenal berbagai gaya bahasa dan perspektif. Menantang diri sendiri dengan berbagai aktivitas dari yang ringan hingga berat, mampu meningkatkan kecerdasan otak kamu. Menurut penelitian, menantang diri seperti bermain teka-teki, menghapal wajah setiap orang, atau menghapal daftar belanjaan dan sesuatu yang menjadi tantangan bagi diri kamu. Survei dalam beberapa dekade terakhir, telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat. Makanan yang bisa dikonsumsi merupakan makanan jenis berserat, kaya antioksidan dan bervitamin.

Permainan yang berguna untuk mengasah otak misalnya Cut the Rope, yang dapat melatih serta meningkatkan konsentrasi, keterampilan alih tugas, dan kemampuan beradaptasi dengan situasi baru. Akan tetapi, kamu bisa menghambat masalah penurunan fungsi kognitif ini dan memaksimalkan kinerja otak dengan sejumlah cara. Berikut enam cara meningkatkan kesehatan dan fungsi otak yang sederhana. Melakukan 12 cara di atas dapat membantu menambah daya ingat dan mengasah kemampuan otak.

Cara meningkatkan kinerja otak

Berikut ini adalah cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang dapat Anda lakukan agar tidak cepat menjadi pelupa. Nah, terdapat banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang itu lebih dominan otak kanan atau kiri, misalnya dengan melihat perilakunya sehari-hari. Tentu kalian pernah melihat ‘kan Squad, ada teman kalian yang pandai di sekolah tetapi tidak pandai bergaul.

Hormon melatonin bermanfaat untuk menjaga irama tubuh dalam pengaturan tidur, meningktkan imunitas tubuh, membantu relaksasi otot, meningkatkan temper dan menghilangkan ketegangan pikiran. Membiarkan kepala terbuka saat tidur sama dengan menyerap asupan hawa yang penting untuk sirkulasi otak kita. Sebaliknya, menutupi kepala ketika tidur merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya.

Itu akan membantu memastikannya mengandung lebih banyak antioksidan seperti flavonoid. Antioksidan membantu menurunkan peradangan dalam tubuh dengan mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Teka-teki silang, permainan mengingat kata, tetris, dan bahkan aplikasi seluler yang didedikasikan untuk pelatihan memori adalah cara terbaik untuk memperkuat memori.

Peneliti Jepang menemukan bahwa aktivitas di hippocampus, space otak penting untuk memori, meningkat sementara orang mengunyah. Saat kita tidur otak kita ibarat kantor yang sibuk, mengatur dan mengarsipkan knowledge yang terkumpul di siang hari. Tidur juga penting untuk regenerasi sel otak dan mengurangi stres yang bisa mengganggu fungsi otak. Misalnya, mulailah dari yang paling mudah seperti sekedar berjalan kaki atau bermain sepeda. Idealnya, otak kiri dan otak kanan manusia haruslah seimbang dan berfungsi dengan optimum.

Teh hijau adalah sumber alami kafein, yakni stimulan sistem saraf pusat yang sering digunakan orang untuk meningkatkan energi. Beberapa studi menunjukkan bahwa selain melawan kelelahan, kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan fungsi kognitif dan fisik. Berjalan membantu meningkatkan kualitas tidur karena aktivitas fisik yang teratur membantu meningkatkan kualitas dan waktu tidur. Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Health mencatat bahwa orang yang berjalan lebih banyak dilaporkan memiliki istirahat malam yang lebih baik.