Orang Tua Kini Bisa Menggali Potensi Anak Berbakat Sendiri

Apresiasilah, dukunglah, arahkanlah keinginan anak saat mencoba suatu hal baru yang dapat menemukan bakat terpendamnya dan tetap awasi dengan baik. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia.

Mencari tahu apa potensi kita sebenarnya

Hampir tidak ada manusia di dunia ini yang tidak memiliki identitas dan tidak mengetahui siapa dirinya. Steven R.Covey, penulis buku Tujuh Kebiasaan Manusia menyebutkan harapan sosial yang terlalu muluk untuk salah satu anaknya yang ternyata berkemampuan fisik dan mental dibawah rata-rata. Yang ia lakukan kemudian adalah merubah visinya tentang anaknya tumbuh sesuai dengan alur kemampuannya.

Misalnya, kamu mudah kecewa jika mengalami kegagalan saat mengerjakan sesuatu karena tidak sesuai dengan goal yang diberikan. Namun jika kamu menjawab kalau tidak percaya diri adalah kekurangan, pastikan juga kamu menunjukkan bahwa saat ini kamu sedang berusaha untuk memperbaikinya. Kamu juga bisa menambahkan kalau kamu membiasakan diri membuat to-do-list, sehingga kamu dapat melakukan pekerjaan sesuai prioritas.

Kecerdasan Intrapribadi adalah kemampuan utk menyadari dan menelusuri emosi diri sendiri dan mengelolanya dengan efektif. Kemampuan ini banyak dimiliki oleh pengarang novel, konselor, filsuf, guru ilmu kebatinan, ahli mistik dan guru yoga. Hari Minggu lalu, alhamdulillah saya berkesempatan untuk memberikan pelatihan pengembangan diri dalam Islamic Fair 2016 yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro. Antusiasme peserta luar biasa, di mana yang datang ada lebih dari 200 orang.

Sejak anak berusia 2 tahun atau bahkan sebelum 2 tahun, Anda bisa melihat bakat anak dengan cara melakukan pemetaan potensi anak. Potensi diri adalah kemampuan dan keahlian dalam individu yang belum ditemukan dan digunakan dengan maksimal. Potensi yang belum dieksplorasi dan digunakan dengan baik menjadi sia-sia belaka. Oleh karena itu, penting bagi seorang individu terutama karyawan dalam perusahaan untuk menemukan dan mengembangkan lalu menerapkan potensi terbaik yang ada dalam dirinya. Saat seorang manusia lahir, manusia tidak memiliki konsep diri karena tidak memiliki pengetahuan tentang dirinya, tidak ada harapan, dan tidak ada evaluasi terhadap dirinya sendiri.