Pentingnya Mengajar Anak Menabung Sejak Dini

Bisa juga Anda membuatkannya rekening untuk menyimpan uang dan melatih mereka untuk menabung. Tentunya hal tersebut harus dilakukan sejak anak masih berusia dini agar anak mudah mengerti manfaat menabung untuknya kelak. Manfaat menabung untuk anak yang lain yaitu mengajarkan mereka disiplin.

Pentingnya menabung sejak dini

Alasan keempat, dengan prinsip kamu hidup hanya satu kali (you solely reside once/YOLO) banyak milenial tidak mempersiapkan dana darurat. Pada saat Covid-19 ini dinilai menyadarkan pentingnya memperkuat ketahanan keuangan atau financial resilient dengan memiliki dana darurat. Saat ini banyak sekali financial institution yang menawarkan produk rekening tabungan anak yang bisa digunakan sebagai media tabungan untuk anak Anda.

Manfaat menabung untuk anak sejak dini secara langsung kita mengajari mereka untuk menghargai uang yang mereka peroleh. Dengan menabung, kita mengajarkannya bahwa uang harus dihargai dan menjauhkannya dari sifat menghambur-hamburkan uang. Namun, kamu lebih disarankan untuk segera menyelesaikan dana darurat kamu ya. Dengan begitu, maka kamu bisa lebih fokus untuk mencapai tujuan keuangan lainnya.

Jika anak mengerti bahwa konsep dibalik menabung adalah karena uang didapat susah payah, maka anak pun akan lebih menghargai uang dengan tidak sembarangan menghamburkannya. Nah, dengan mengajarkan anak cara menabung sejak dini, mereka menjadi terbiasa untuk menjadi disiplin dengan dirinya sendiri secara finansial. Manfaat menabung bisa kita rasakan hasilnya ketika kita komitmen dan terus menerus melakukannya dengan teratur. Secara umum, menabung bisa diartikan kegiatan menyisihkan atau menyimpan sebagian pemasukan. Selain itu, menabung juga bermanfaat untuk membiasakan diri disiplin dan menghargai setiap uang yang kita miliki.

Orang tua bisa mulai mencicil sedikit demi sedikit untuk keperluan anak, entah untuk kebutuhan sehari2 , untuk dana pendidikan, dana emergency kalau anak sakit atau vaksin. Biaya yang menyangkut anak serba ngga murah, jadi ada baiknya mulai menyisihkan agar jika sewaktu2 dibutuhkan mendadak, orang tua sudah ada persiapan dana. Agar tabungan untuk anak tetap aman dan tidak terpakai untuk kebutuhan lain, Anda perlu mengalokasikannya dalam bentuk aset. Namun, jangan salah dalam memilih aset yang akan Anda gunakan untuk mengamankan biaya pendidikan yang akan dipakai untuk anak nanti. Untuk pembukaan rekening tabungan anak, Parents bisa menggunakan uang yang ia miliki di celengan .