Senang Melihat Orang Susah, Susah Melihat Orang Senang

Konsep ini mengajarkan tentang hubungan manusia dengan sesamanya, hubungan yang selaras dengan manusia lainnya. Pawongan mempunyai makna kita harus bisa menjaga keharmonisan hubungan dengan keluarga, teman, dan masyarakat. Dalam menjaga keharmonisan, kita hendaknya mempunyai toleransi yang tinggi terhada sesama dengan membuang jauh-jauh sikap intoleransi yang berdasarkan agama, derajat, ras, suku, bahasa, tradisi, maupun warna kulit. Sebagai sesama makhluk ciptahan Hyang Widhi, manusia diajarkan untuk tidak membeda-bedakan ciptaannya dan dapat belajar menghargai arti perbedaan tersebut. Akan sangat disayangkan jika dunia ini berperang hanya karena masalah agama. Sebagai mahasiswa yang menyadari hal ini, sudah sepatutnya semua generasi-generasi pemuda saat ini sadar akan pentingnya peran para generasi penerus dan peran agama yang sudah seharusnya untuk menciptakan kedamaian dunia.

Selain itu, arti lain dari ‘semua orang butuh sedikit rasa hormat’ mengindikasikan bahwa kita perlu tahu, kapan kita harus menghormati seseorang dan kapan untuk tidak melakukannya. Maksudnya, kita tidak bisa menghargai seseorang dengan perasaan yang sangat berlebihan, namun diri kita pasti bisa merasakannya dengan sangat baik saat kita benar-benar menghargai seseorang dan kapan kita tidak menghargai mereka. Namun percaya tidak percaya, mencintai diri sendiri adalah hal yang perlu dilatih. Tidak sedikit pula orang yang membutuhkan bantuan untuk bisa menyayangi dirinya sendiri. Jika kamu merasa seperti ini dan cara-cara di atas terasa sulit untuk kamu lakukan, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, setidaknya untuk berkeluh kesah. Jika kamu melakukan kesalahan, cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan terus bepikir positif.

Bukan hanya di kelas saat menyimak guru atau dosen, sikap diam dan mau mendengarkan sebenarnya lebih dibutuhkan dalam berinteraksi dengan orang lain – khususnya mereka yang berusia lebih tua dari kita. Bila belum terbiasa, memang dibutuhkan kesabaran yang luar biasa untuk tidak memotong seseorang yang sedang berbicara – tapi layak diusahakan, Sobat. Bukan hanya teman yang sedang galau yang butuh disimak, Sobat. Pada dasarnya, hampir setiap orang yang mengutarakan sesuatu berharap untuk disimak, didengarkan dengan baik. Disisi lain, sikap kita yang mau diam menyimak merupakan wujud dari respek atau penghargaan kita pada orang lain. “Jika Anda tak menghargai diri sendiri, orang lain tak akan pernah menghargai Anda. Jangan sampai kehilangan dirimu yang berharga”.

Belajar untuk mengahrgai sesama orang

Orang lain pun akan merasa senang dan merasa dihargai jika diucapkan tiga kata tersebut. Hal ini memang sangat sulit untuk dilakukan namun dengan berjalannya waktu kita akan semakin matang, dalam menghadapi perbedaan pendapat. Dengan tidak mengikutsertakan emosi dalam berfikir maka keputusan yang akan diambil akan lebih baik. Menjadi jujur ​ ​​tentang bagaimana perasaanmu akan sangat dihargai oleh siapa pun dalam hidupmu. Jika menghormati seseorang, dirimu tahu bahwa mereka layak mendapatkan kebenaran dan tidak kekurangannya.

Sikap santun ART Denise yang meminta foto dengannya itu rupanya menjadi penilaian tersendiri bagi Depe. Andi Ilham mengatakan melalui program ini, mahasiswa akan dikirim ke salah satu kampus di luar pulau domisilinya untuk mengikuti proses pembelajaran dengan tiga skema yang dapat dipilih. Orang-orang yang tidak percaya diri menjadikan tindakan schadenfreude sebagai alat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tetapi biar dianggap mentereng, hebat, dan sebagainya mudah menyudutkan orang lain.