Toleransi Terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, Dan Golongan

Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk tidak membantu. Tetapi, tetap berikan bantuan yang memang bisa bermanfaat untuk digunakan. Cobalah untuk bisa menghargai baik Agama, suku, ras dan golongannya. Justru, sebaiknya bisa digunakan untuk membuktikan bahwa masyarakat Indonesia mencintai keberagaman. Dimanapun anda berada, tetaplah miliki rasa untuk bisa saling menghargai.

Apalagi ketika sedang menuju usia remaja, anak pasti ingin dianggap telah dewasa dan bisa bertanggung jawab atas setiap tindakan yang dilakukan. Dengan memberikan mereka privasi, orang tua berarti memberikan mereka ruang untuk belajar mandiri dan membangun rasa percaya diri mereka. Belajar bersama merupakan salah satu bentuk kerukunan di satuan pendidikan. Warga belajar dapat membentuk kelompok untuk belajar bersama dan mengerjakan tugas bersama.

Belajar untuk mengahrgai sesama orang

“Jika kamu tak menghargai dirimu sendiri, orang lain tak akan pernah menghargaimu. Jangan sampai kehilangan dirimu yang berharga”. “Jangan menjadi salah hanya karena mayoritas tidak memilih pendapat kita. Saling menghargai itu penting”. “Pertama, belajarlah hidup dengan lebih sedikit uang agar kamu lebih menghargai sedikit rezeki yang kamu terima”. “Jangan menjadi salah hanya karena mayoritas tidak memilih pendapat kita. Saling menghargai itu penting.” Nilai ini tampak sekali dari gerakan-gerakan Tari Makan Sirih yang ritmis dan dinamis.

Meski barang yang dibeli belum tentu kita butuhkan, namun dengan membeli menjadi bukti apresiasi nyata atas usaha mereka. Contohnya teman yang menyandang profesi arsitek, animator, desainer grafis, dan sebagainya. Membiasakan diri memberi apresiasi juga membuat hati ini lebih bersih dan damai. Di samping tentunya membuat mereka yang dihargai merasa bahagia. Memberikan apresiasi pada karya orang lain harus dimulai dari diri sendiri.

Pendengar RESI Dehonian yang terkasih, melalui SabdaNya, Yesus mengajar dan sekaligus mengajak kita untuk memperbaiki sikap kita agar tidak menjadi egois seperti orang Farisi dan ahli Taurat. Di akhir unggahannya, Depe pun menyuruh Denise untuk menghargai orang lain jika ingin dihargai. Karena pria yang pernah berseteru dengan Angel Lelga tersebut mengakui, dirinya sangat menghargai orang lain. Psikopat sendiri kan merasa senang bila melihat orang lain menderita atau korban kejahatan. Kalau dihitung setiap orang menerima dua dosis suntikan, dibutuhkan complete sekitar 363 juta dosis vaksin.

Aku percaya akan ada sesuatu yang baik terjadi saat aku menghargai orang lain. Etika merupakan kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik atau menghindarkan dari perbuatan yang buruk. Menurut Anisa, penyebab kurangnya rasa simpati dan empati bermacam-macam, mulai dari kurangnya pergaulan dan bersosialisasi di lingkungan masyarakat. Hal tersebut dapat memengaruhi sikap yang tumbuh dalam diri seseorang, sehingga mereka cenderung tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Saya yakin mereka mencintai dan menghargai diri sendiri lebih daripada kita. Kita harus menerima bahwa kita tidak bisa memesan tubuh untuk ditempati. Ada kalanya juga kita berada diatas, kemudian tak lama berada di roda terbawah.

Memang sulit bagi orang tua untuk tidak terlibat dalam fase ini. Apalagi, orang tua pasti sudah terbiasa dengan keterbukaan sang anak sejak kecil. Tapi, ini memang sudah menjadi bagian dari tantangan bagi orang tua untuk bisa menaruh rasa percaya kepada mereka. Jangan membalas dan justru memposisikan diri menjadi orang yang sama-sama rendah alias tak bisa menghargai orang lain. Tetap utamakan respek, toh setiap individu punya hak untuk berbeda bahkan merasa tidak nyaman. Kerendahan hati untuk menghargai orang lain yang berbeda baik dari agama, suku maupun faktor lainnya harus tetap dijaga.

Namun, ia pun menyadari, dirinya pernah menjadi pelaku perundungan ketika dulu ada siswa suku lain yang tinggal di daerahnya. Tapi, saya belajar untuk berdamai dengan itu semua,” jelas Abdur. Ia menyalurkan pengalamannya itu menjadi bahan tulisan yang kemudian ia kembangkan menjadi prestasi sebagai seorang komedian panggung . Abdur pun mengimbau agar generasi muda lebih saling merangkul dan menghargai perbedaan yang ada. Senada dengan itu, tokoh agama yang akrab dikenal generasi muda Habib Husein Jafar Al-Hadar mengungkapkan bahwa puasa mengajarkan kemanusiaan dan toleransi. Agar meskipun kita kuat beli makanan, kita rasakan sebulan ini beratnya jadi orang lapar.